Selasa, 03 Januari 2012

Dena, Mobil Mewah Nasional Iran

Melihat nafsu belanja Jamaah Iran di Mekkah, apakah itu jamaah Umrah atau Haji, rasanya cuma Jamaah Indonesia saja yang bisa menyamainya, Jamaah Indonesia juga sudah dikenal tukang belanja. Di Mekkah ada ritel besar yang punya dua toko besar, satu di Aziziah satunya lagi di Oteibiyah, dimusim Umrah seperti sekarang ini keduanya selalu dipenuhsesaki Jamaah Iran, mereka datang berombongan sepertinya mau menguras habis isi toko tersebut. Hal ini memperlihatkan tingginya daya beli masarakat Iran. Daya beli orang Iran yang tinggi setidaknya bisa jadi indikator kekuatan ekonomi Negri Mullah tersebut. Bertahun-tahun diembargo menjadikan mereka kuat dan mandiri secara ekonomi. Kemampuan mereka membangun Instalasi Nuklir, membuktikan Iran memang bisa bangkit bukan saja secara ekonomi, demikian juga kemampuan teknologi mereka.


Satu lagi bukti ketangguhan ekonomi Iran sekaligus mereka juga membuktikan kemajuan dibidang teknologi otomotif. Mobnas Indonesia mungkin lebih dari belasan tahun hingga saat ini masih saja dalam tahapan wacana, sementara Iran sudah membuktikan mereka lebih maju beberapa langkah. Belum lama diberitakan Iran sudah meluncurkan seri Mobil Nasional mereka, mobnas mewah nan bergengsi dengan standar keamanan terbaru Eropa. Mobil mewah yang mereka beri nama Dena dirancang dan diproduksi oleh para ahli otomotif Iran tanpa bantuan asing. Pembuatannya sudah sesuai standar emisi Euro IV dan V. Menurut Menteri Industri dan Pertambangan Ali Akbar Mehrabian Dena memenuhi persyaratan keselamatan kendaraan bermotor terbaru dan akan menggantikan mobil nasional sebelumnya. Dena adalah mobil Iran paling mewah dikelasnya, demikian Mentri Mehrabian.



Iran Khodro Company (IKCO), produsen mobil tersebut sudah memiliki pasar di 30 distrik. “Tahun lalu kami sudah memasarkan 40 ribu unit mobil dan sekarang dengan Dena, kami menargetkan pasar mobil mewah,” kata CEO Iran Khodro Company (IKCO) javad Najmeddin. IKCO merencanakan untuk meningkatkan produksi menjadi 730 ribu unit pada akhir tahun 2011 dan meningkatkan volume ekspor lebih dari 600 ribu unit pada tahun 2016. Rusia, Suriah, Turki, Irak, Ukraina, dan Mesir merupakan pasar utama yang dituju dari produk mereka. Dena datang dengan dua pilihan model LX dan Elx. Model pertama akan dilengkapi dengan mesin bensin EF7 dan mesin berbasis CNG. Sedangkan versi Elx akan dilengkapi dengan mesin turbo-charged EF7, dengan gearbox manual, tapi sistem transmisi elektronik otomatis bisa menjadi pilihan di masa mendatang.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar